Prototype Aplikasi Edukasi Berbasis Android dan E-Modul Karya Mahasiswa (Bagian 3)

Gambar. Mobile Edukasi atau Mobile Learning
(Sumber: Freepik.com)

Media pembelajaran merupakan menjadi komponen penting dalam sebuah pembelajaran. Media pembelajaran dapat memberikan pengalaman belajar lebih baik dengan penyajian aspek audio dan visual sekaligus. Media pembelajaran yang dapat menyajikan kedua aspek tersebut dimungkinkan dapat mengoptimalkan proses pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan. Hal tersebut dinilai cukup logis, karena aspek audio dan visual mampu mengkatifkan dua sensor penerima informasi yang dimiliki manusia. Kedua sensor tersebut ialah mata dan telinga. Materi yang disajikan menggunakan elemen audio (suara) dan visual (teks, gambar, video/animasi) memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam menerima serta memahami pesan atau materi secara lebih baik.

Pada era digitalisasi seperti saat ini, sangat dimungkinkan pelaksanaan pembelajaran menggunakan smartphone atau perangkat lain yang sejenis. Smartphone menjadi salah satu alat yang mudah dan semakin terjangkau untuk dijadikan perangkat untuk belajar. Peserta didik dapat membuka berbagai sumber belajar melalui perangkat smartphone yang dimilikinya. Salah satu sumber belajar tersebut dapat dikemas menjadi aplikasi edukasi yang dapat diinstal dan dibuka di smartphone. Selain sumber belajar yang dikemas menjadi aplikasi edukasi, sumber belajar juga dapat dikemas menjadi e-modul. Berikut ini merupakan produk prototype aplikasi edukasi dan e-modul karya Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Ponorogo :

Maos: Qurban

Karya : Wanda Soraya Putri (PAI.4O)
Preview
 
Tautan : Unduh


Secil Hijaiyah

Karya : Rezika Rahmalia Shofa (PAI.4L)
Preview

Tautan : Unduh


Akilly: Sejarah Kebudayaan Islam

Karya : Ridha Annisa Syahida (PAI.4L)
Preview

Tautan : Unduh


Hug Plonk: Masa Kejayaan Islam

Karya : Nuryyah Dewi Pertiwi (PAI.4K)
Preview
 
Tautan : Unduh


Wowo: Zakat Fitrah

Karya : Putri Najwa Nurfaita (PAI.4K)
Preview
  
Tautan : Unduh


Qada' dan Qadar

Karya : Qurota Ayyun Laila Luthfi (PAI.4K)
Preview
 
Tautan : Unduh


Literatera: Ibadah Haji

Karya : Nabila Raessal Manda Putri (PAI.4J)
Preview
 
Tautan : Unduh


Darasa: Akidah Akhlak

Karya : Novia Eka Pratiwi (PAI.4J)
Preview
 
Tautan : Unduh


Sinau: Sejarah Islam

Karya : Ni'matul Faidah (PAI.4J)
Preview
 
Tautan : Unduh


Aspek Al-Qur'an, Akidah Akhlak dan Fiqih - SMP/MTs Kelas VII

Karya : Wahyu Sandra Anggarini (PAI.3O)
Preview

Tautan : Unduh


Pembelajaran Budi Pekerti Melalui Kisah Teladan - SD/MI Kelas VI

Karya : Wanda Soraya Putri (PAI.3O)
Preview

Tautan : Unduh

Thaharah & Sholat - SMP/MTs Kelas VII

Karya : Zidnii Ilman Nafian (PAI.3O)
Preview

Tautan : Unduh


Beberapa prototype karya aplikasi edukasi berbasis android dan e-modul yang dibagikan dalam halaman ini masih memiliki kekurangan dibeberapa unsur. Akan tetapi, karya tersebut tetap kami bagikan kepada anda, dengan pertimbangan terdapat konsep yang menarik dalam karya tersebut yang dimungkingkan untuk dapat lebih dikembangkan lebih lanjut.

Karya aplikasi edukasi berbasis android dan e-modul tersebut merupakan karya yang didesain secara mandiri oleh para mahasiswa sebagai produk akhir dari mata kuliah. Karya tersebut sebagai representasi dari pemahaman mahasiswa mengenai teori-teori yang disampaikan selama perkuliahan, serta proses kreativitas mahasiswa dalam menerjemahkan prinsip desain dan prinsip visual multimedia pembelajaran. Karya-karya yang dibagikan dalam halaman ini dapat kami katakan masih berwujud prototype, sehingga karya aplikasi edukasi berbasis android tersebut masih perlu dikembangkan lebih lanjut untuk dapat mencapai kategori layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Silahkan unduh secara langsung aplikasi edukasi dan e-modul tersebut, dan selamat menikmati serta mengembangkan karya-karya media pembelajaran yang sesuai untuk era digitalisasi ! 

Yoga Prismanata

Saya adalah seorang penggiat di dunia pendidikan. Konsentrasi saya sekarang ialah dalam hal teknologi pendidikan dan pendidikan geografi. Saya sangat suka dalam menciptakan karya, baik berupa tulisan maupun media pembelajaran.

Posting Komentar

Kami ucapkan terima kasih telah mengunjungi dan membaca tulisan di website kami. Silahkan sampaikan kritik, saran, dan diskusi melalui kolom komentar.

Lebih baru Lebih lama