27 Desember 2020

Blogger Website Instant (Bagian 3) : Cara Menghilangkan ?m=1 Pada URL Website Mobile

Gambar. Blogger Website Instant
(Sumber: freepik.com)

Hai rekan-rekan semuanya, kita kembali ke pembahasan mengenai Blogger Website Instant. Blogger Website Instant sendiri sejujurnya merupakan sebuah seri artikel yang mengupas tentang cara membangun website secara mudah dan cepat, plus satu lagi yaitu murah. Setelah sebelumnya kita membahas mengenai cara membuat website profesional dengan cepat dan mudah menggunakan CMS Blogger, serta bagaimana cara menyulap website berbasis Blogger tersebut menjadi selayaknya website profesional, maka selanjutnya saatnya kita mengupas beberapa hal detail. Hal-hal kecil yang bersifat detail tersebutlah yang akan semakin menyempurnakan tampilan website kita menjadi kembali terlihat lebih profesional. 

Tidak dipungkiri bagi user yang memahami dan familiar mengenai dunia website, tentu akan dengan mudah mengenali website yang diakses tersebut dibangun menggunakan platform atau basis apa. Sebab, website yang dibangun menggunakan dua CMS favorit saat ini yakni Blogger dan Wordpress.org memang punya ciri khas sendiri. Bagi yang sudah familiar akan dengan mudah mengidentifikasinya. Blogger dengan tampilan yang lebih simple, ringan dan sangat khas, serta Wordpress.org yang banyak pilihan kustomisasi sehingga akan lebih memungkinkan untuk dibuat menyerupai website-website yang memang dibuat secara profesional oleh para website developer.

Sebenarnya sih, hal tersebut bukan suatu masalah yang besar. Namun, kita menyadari bahwa tampilan website atau blog yang ada di Blogger memang sedikit lebih sulit dikustomisasi karena keterbatasan fitur custom yang tersedia. Oleh sebab itulah, para user Blogger sebisa mungkin akan mengusahakan untuk meng-upgrade tampilan websitenya yang berbasis Blogger tersebut menggunakan berbagai cara, seperti mengedit pada bagian CSS dan HTML-nya untuk mengubah bagian-bagian tertentu agar terlihat lebih cantik dan keren, serta paling masuk akal dengan cara mengganti template yang sesuai dengan selera (Baca : Blogger Website Instant (Bagian 1) : Cara Membuat Website Profesional Dengan Cepat Dan Mudah). Template tersebut dapat kita dapatkan secara gratis maupun yang berbayar, tentu yang berbayar biasanya akan lebih cakep dan bisa dibilang tampilan website kita akan nampak lebih profesional lagi.

Baiklah, kita terlebih dahulu harus memahami kenapa pentingnya mengubah website berbasis Blogger hingga ke bagian detail. Sekali lagi, jawabannya ialah agar website kita semakin nampak profesional. Setidaknya user tidak begitu menyadari ternyata website kita tersebut dibangun menggunakan Blogger, yang kita tahu sedikit sekali fitur kustomisasi. Hal tersebut sekaligus membuktikan bahwa Blogger ternyata mampu dan bisa digunakan untuk membangun website yang keren dan profesional. 

Salah satu detail atau khas website yang dibangun menggunakan Blogger ialah adanya tanda ".../?m=1" pada URL website yang dibuka melalui mobile atau smartphone (mobile version). Tanda tersebut tidak akan muncul pada URL website ketika dibuka di komputer/desktop, sehingga terlihat bagus-bagus saja. Walau sebenarnya untuk versi komputer desktop memiliki tanda ".../?m=0" hanya secara sistem akan disembunyikan, sehingga tidak terlihat. Permasalahannya ialah ketika dibuka di mobile atau smartphone tanda tersebut tidak secara otomatis disembunyikan. Tanda tersebut menurut kami sedikit mengurangi estetika dari sebuah website yang di-branding profesional, sehingga perlu disembunyikan.


Gambar. Tampilan Website Versi Mobile

Cara menghilangkan tanda "../?m=1" tersebut bisa melalui dua cara yakni memasukkan script di body tema/template secara langsung dan memasukkan script melalui widget. Keduanya memiliki script yang berbeda, jadi yuk kita bahas lebih detail.

  • Input Script ke Body Tema/ Template
Silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini :
  1. Buka halaman admin Blogger.
  2. Buka pada bagian Tema.
  3. Klik simbol "panah ke bawah" yang ada disamping tombol Sesuaikan, lalu pilih Edit HTML.
  4. Cari script code <head> pada kolom edit html tersebut, lalu copy dan paste script code berikut tepat di atas kode <head> tersebut. Kemudian jangan lupa klik Simpan.
&lt;script type=&quot;text/javascript&quot;&gt;
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf(&quot;%3D&quot;,&quot;%3D&quot;) &gt; 0) {
var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf(&quot;%3D&quot;));
window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf(&quot;%3D%3D&quot;,&quot;%3D%3D&quot;) &gt; 0) {
var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf(&quot;%3D%3D&quot;));
window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf(&quot;&amp;m=1&quot;,&quot;&amp;m=1&quot;) &gt; 0) {
var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf(&quot;&amp;m=1&quot;));
window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;,&quot;?m=1&quot;) &gt; 0) {
var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;));
window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
&lt;/script&gt;
Catatan : Jika setelah menerapkan script code tersebut kemudian mengalami kendala yakni tidak bekerjanya paginasi atau navigasi antar halaman di website atau blog, silahkan baca Update Penting di bawah.

  • Input Script melalui Widget
Silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini :
  1. Buka halaman admin Blogger.
  2. Buka pada bagian Tata Letak.
  3. Tambahkan Widget/Gadget berupa HTML/Javascript, catatan :  kami lebih menyarankan untuk ikut memasukkan script code penghilang tanda "?m=1" ke widget/gadget berupa HTML/Javascript yang sudah ada sebelumnya agar tidak ada tampilan kosong di sidebar website. Atau jika sebelumnya tidak menggunakan widget/gadget berupa HTML/Javascript maka usahakan untuk memasukkan script code yang lain bersamaan dengan script code penghilang tanda "?m=1" tersebut untuk mencegah ada tampilan kosong pada sidebar website. Kita bisa memasukkan script code gambar/video, recent comment, dst.
  4. Masukkan script code berikut ini, kemudian jangan lupa tekan tombol Simpan.
<script type="text/javascript">
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("%3D","%3D") > 0) {
var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("%3D"));
window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("%3D%3D","%3D%3D") > 0) {
var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("%3D%3D"));
window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("&m=1","&m=1") > 0) {
var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("&m=1"));
window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {
var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));
window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
</script>

Catatan : Jika setelah menerapkan script code tersebut kemudian mengalami kendala yakni tidak bekerjanya paginasi atau navigasi antar halaman di website atau blog, silahkan baca Update Penting di bawah.

Cara yang pertama yakni memasukkan script code melalui body tema atau template secara langsung lebih direkomendasikan, karena mampu menyembunyikan tanda "?m=1" lebih cepat jika dibandingan dengan cara kedua. Tetapi, silahkan dipilih yang menurut rekan-rekan mungkin untuk dilakukan.

  • Update Penting !! 
Jika setelah menggunakan script code tersebut kemudian bermasalah dengan paginasi atau tombol halaman navigasi pada website atau blog yang tidak bekerja dengan baik, maka alternatifnya ialah cari script code <head> pada kolom edit html, kemudian copy dan paste script code berikut tepat di atas script code <head>, setelah itu tekan Simpan.
<script type='text/javascript'>
var uri = window.location.toString();if (uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;,&quot;?m=1&quot;) &gt; 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}
</script>
Cara ini lebih kami rekomendasikan bagi yang menggunakan paginasi atau tombol navigasi pada halaman website atau blog. Cara ini hanya dapat dilakukan dengan cara menginput script code langsung ke body tema/template, sehingga tanda ".../?m=1" juga dapat disembunyikan dengan sangat cepat juga.

Gambar. Perubahan URL setelah Script diterapkan

Oke demikian rekan-rekan beberapa langkah untuk menghilangkan tanda ".../?m=1"  pada website atau blog berbasis Blogger. Silahkan diterapkan ke website rekan-rekan semua dan rasakan perbedaannya. Kami yakin website yang rekan-rekan miliki, akan lebih nampak keren dan profesional. Terima kasih sudah berkunjung, kita bertemu lagi pada artikel menarik berikutnya.


Baca Juga :
Sebelumnya
Selanjutnya

Saya adalah seorang penggiat di dunia pendidikan. Konsentrasi saya sekarang ialah dalam hal teknologi pendidikan dan pendidikan geografi. Saya sangat suka dalam menciptakan karya, baik berupa tulisan maupun media pembelajaran.

0 komentar:

Kami ucapkan terima kasih telah mengunjungi dan membaca tulisan di website kami. Silahkan sampaikan kritik, saran, dan diskusi melalui kolom komentar.