Prototype Aplikasi Edukasi Berbasis Android Karya Mahasiswa (Bagian 2)

Gambar. Mobile Edukasi atau Mobile Learning
(Sumber: Freepik.com)


Aplikasi edukasi berbasis android atau dikenal juga sebagai mobile edukasi atau mobile learning, kini perlu dipandang perlu untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Aplikasi edukasi berbasis android tersebut dapat digunakan peserta didik sebagai alternatif sumber belajar. Akan tetapi, poin utama yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan aplikasi edukasi berbasis android tersebut ialah aplikasi edukasi tersebut perlu dirancang agar memudahkan peserta didik dalam belajar. Untuk dapat mewujudkan aplikasi edukasi atau media pembelajaran yang secara efektif dapat membantu  dan memudahkan belajar para peserta didik, maka para guru atau pengembang teknologi pembelajaran perlu memperhatikan beberapa aspek, seperti prinsip-prinsip dalam pembelajaran, prinsip multimedia pembelajaran, prinsip visual multimedia pembelajaran, dan unsur-unsur dalam multimedia pembelajaran. 

Kami akan sajikan beberapa prototype aplikasi edukasi berbasis android yang dapat dibuat menggunakan Microsoft Powerpoint. Seluruh prototype yang dibagikan dalam halaman ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, utamanya untuk pengembangan sebuah aplikasi edukasi yang lebih lengkap dan tentunya lebih layak digunakan. Unggahan prototype karya ini merupakan bagian kedua, Anda dapat mengakses bagian pertama jika belum pernah membukanya (Baca : Prototype Aplikasi Edukasi Berbasis Android Karya Mahasiswa). Karya aplikasi edukasi berbasis android (mobile learning) berikut merupakan karya dari Mahasiswa Semester 4 dan 6, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Ponorogo. Karya aplikasi edukasi berbasis android tersebut disajikan sebagai berikut :

Salat Jumat 

Karya : Imam Mustaqim (PAI.6K IAIN Ponorogo)
Preview
 
Tautan : Unduh/Pasang

IFE (Islamic Faith Education) 

Karya : Ferdy Kurniawan (PAI.6K IAIN Ponorogo)
Preview 
 
Tautan : Unduh/Pasang

Akidah Akhlak : Makna Perilaku Jujur 

Karya : Eti Rosita (PAI.6K IAIN Ponorogo)
Preview
 
 
Tautan : Unduh/Pasang

IKMAL (Iman kepada Malaikat) 

Karya : Erys Catur Afristanada (PAI.6K IAIN Ponorogo)
Preview 
 
Tautan : Unduh/Pasang

Perilaku Jujur 

Karya : Firdan Edwin Harliansyah (PAI.6K IAIN Ponorogo)
Preview 
 
Tautan : Unduh/Pasang

Akidah Akhlak : Iman Kepada Malaikat 

Karya : Hanika Ulfiatul Lisnawati (PAI.6K IAIN Ponorogo)
Preview 
 
Tautan : Unduh/Pasang

Pious Children's Class 

Karya : Mega Safita Putri (PAI.6L IAIN Ponorogo)
Preview 

Tautan : Unduh/Pasang

Tajwid Praktis 

Karya : Luthfi Nuzul Komariyadi (PAI.6L IAIN Ponorogo)
Preview 
 
Tautan : Unduh/Pasang

Mari Belajar Ilmu Tajwid 

Karya : Moch Yusril Rahmatillah Amin (PAI.6L IAIN Ponorogo)
Preview 
 
Tautan : Unduh/Pasang

Fun Games Classroom 

Karya : Maya Putri Damayanti (PAI.6L IAIN Ponorogo)
Preview 
 
Tautan : Unduh/Pasang

GIE (Global Islamic Education) 

Karya : Leni Nurul Izzati (PAI.6L IAIN Ponorogo)
Preview
 
Tautan : Unduh/Pasang

Jabaru (Jago Bangun Ruang) 

Karya : Rosyid Nihru Mas'ul (PAI.6M IAIN Ponorogo)
Preview
 
Tautan : Unduh/Pasang

Menghindari Akhlak Tercela 

Karya : Muhammad Yahya Nur Haliimur R. (PAI.6M IAIN Ponorogo)
Preview
 
Tautan : Unduh/Pasang

Doa Islam 

Karya : Nur Avia Lutfiana. (PAI.4E IAIN Ponorogo)
Preview
 
Tautan : Unduh/Pasang



Beberapa prototype karya aplikasi edukasi berbasis android yang dibagikan dalam halaman ini masih memiliki kekurangan dibeberapa unsur, khususnya dalam hal unsur kontrol pengguna. Akan tetapi, karya tersebut tetap kami bagikan kepada anda, dengan pertimbangan terdapat konsep yang menarik dalam karya tersebut yang dimungkingkan untuk dapat lebih dikembangkan lebih lanjut.

Karya aplikasi edukasi berbasis android tersebut merupakan karya yang didesain secara mandiri oleh para mahasiswa sebagai produk akhir dari mata kuliah. Karya tersebut sebagai representasi dari pemahaman mahasiswa mengenai teori-teori yang disampaikan selama perkuliahan, serta proses kreativitas mahasiswa dalam menerjemahkan prinsip desain dan prinsip visual multimedia pembelajaran. Karya-karya yang dibagikan dalam halaman ini dapat kami katakan masih berwujud prototype, sehingga karya aplikasi edukasi berbasis android tersebut masih perlu dikembangkan lebih lanjut untuk dapat mencapai kategori layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Silahkan unduh atau pasang secara langsung aplikasi edukasi tersebut, dan selamat menikmati serta mengembangkan karya-karya media pembelajaran yang sesuai untuk era digitalisasi ! 

Yoga Prismanata

Saya adalah seorang penggiat di dunia pendidikan. Konsentrasi saya sekarang ialah dalam hal teknologi pendidikan dan pendidikan geografi. Saya sangat suka dalam menciptakan karya, baik berupa tulisan maupun media pembelajaran.

Posting Komentar

Kami ucapkan terima kasih telah mengunjungi dan membaca tulisan di website kami. Silahkan sampaikan kritik, saran, dan diskusi melalui kolom komentar.

Lebih baru Lebih lama