Prototype Aplikasi Edukasi Berbasis Android Karya Mahasiswa

Gambar. Mobile Edukasi atau Mobile Learning
(Sumber: Freepik.com)


Aplikasi edukasi berbasis android atau dikenal juga sebagai mobile edukasi atau mobile learning, kini perlu dipandang perlu untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Aplikasi edukasi berbasis android tersebut dapat digunakan peserta didik sebagai alternatif sumber belajar. Akan tetapi, poin utama yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan aplikasi edukasi berbasis android tersebut ialah aplikasi edukasi tersebut perlu dirancang agar memudahkan peserta didik dalam belajar. Untuk dapat mewujudkan aplikasi edukasi atau media pembelajaran yang secara efektif dapat membantu  dan memudahkan belajar para peserta didik, maka para guru atau pengembang teknologi pembelajaran perlu memperhatikan beberapa aspek, seperti prinsip-prinsip dalam pembelajaran, prinsip multimedia pembelajaran, prinsip visual multimedia pembelajaran, dan unsur-unsur dalam multimedia pembelajaran. 

Keseluruhan prinsip tersebut perlu dijadikan pijakan oleh guru atau pengembang yang ingin menciptakan atau mengembangkan aplikasi edukasi berbasis android. Hal tersebut perlu dilakukan sebagai upaya agar terciptanya sebuah aplikasi edukasi berbasis android yang dapat digunakan secara layak dan efektif. Aplikasi edukasi tersebut dalam pembelajaran berperan sebagai media yang mampu menjembatani informasi/pesan antara sumber (source) kepada peserta didik yang dalam hal ini sebagai penerima (reciever), sehingga informasi atau pesan tersebut dapat diterima/dipahami secara lebih mudah. Artikel eduprisma kali ini diunggah selain untuk berbagi prototype aplikasi edukasi berbasis android, juga sekaligus sebagai salah satu pembuktian dari artikel kami sebelumnya bahwa ternyata sangat mungkin bagi kita untuk membuat aplikasi edukasi berbasis android secara lebih mudah menggunakan Microsoft Powerpoint. (Baca : Membuat Mobile Edukasi Berbasis Android Menggunakan Microsoft PowerPoint). Kami akan sajikan beberapa prototype aplikasi edukasi berbasis android yang dapat dibuat menggunakan Microsoft Powerpoint. Karya aplikasi edukasi berbasis android (mobile learning) berikut merupakan karya dari Mahasiswa Semester 3, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan, IAIN Ponorogo. Karya aplikasi edukasi berbasis android tersebut disajikan sebagai berikut :

SimpleTrip

Karya : Arista Larasati (TBI.C IAIN Ponorogo)
Preview
 
Tautan : Unduh/Pasang


Our Noun

Karya : Lutfia Awiddatul Hamidah (TBI.C IAIN Ponorogo)
Preview
 
Tautan : Unduh/Pasang


All About Noun

Karya : Muhammad Haziq Alwie Danial (TBI.C IAIN Ponorogo)
Preview
 
Tautan : Unduh/Pasang


Parts of Speech

Karya : Muhlis Darmawan (TBI.C IAIN Ponorogo)
Preview
 
Tautan : Unduh/Pasang


Daily Conversation

Karya : Lutfianur Hamida (TBI.B IAIN Ponorogo)
Preview
 
Tautan : Unduh/Pasang


Grammar for Beginner

Karya : Nanang Pujianto (TBI.B IAIN Ponorogo)
Preview
 
Tautan : Unduh/Pasang


English World XI

Karya : Tintin Muliani (TBI.B IAIN Ponorogo)
Preview
 
Tautan : Unduh/Pasang


Diary Suggestions

Karya : Winda Titin Choirun Nisa (TBI.B IAIN Ponorogo)
Preview
 
Tautan : Unduh/Pasang


Easy English

Karya : Aldira Nabila Putri (TBI.A IAIN Ponorogo)
Preview
 
Tautan : Unduh/Pasang


Animals In Zoo

Karya : Laila Mudrikah (TBI.A IAIN Ponorogo)
Preview
 
Tautan : Unduh/Pasang

Catatan : Beberapa karya aplikasi edukasi berbasis android tidak ditampilkan karena terdeteksi virus, untuk menjamin keamanan perangkat anda, maka kami seleksi karya aplikasi edukasi yang aman untuk dipasang dari beberapa karya terbaik mahasiswa.

Karya aplikasi edukasi tersebut murni dikembangkan secara mandiri oleh para mahasiswa sebagai tugas akhir mata kuliah. Oleh sebab itu, seluruh karya yang disajikan tersebut merupakan prototype yang tentu perlu dikembangkan lebih lanjut agar aplikasi edukasi tersebut dapat memberikan manfaat lebih baik ketika digunakan oleh peserta didik. Silahkan unduh atau pasang secara langsung aplikasi edukasi tersebut, dan selamat menikmati karya-karya media pembelajaran yang sesuai untuk era digitalisasi ! 
Yoga Prismanata

Saya adalah seorang penggiat di dunia pendidikan. Konsentrasi saya sekarang ialah dalam hal teknologi pendidikan dan pendidikan geografi. Saya sangat suka dalam menciptakan karya, baik berupa tulisan maupun media pembelajaran.

Posting Komentar

Kami ucapkan terima kasih telah mengunjungi dan membaca tulisan di website kami. Silahkan sampaikan kritik, saran, dan diskusi melalui kolom komentar.

Lebih baru Lebih lama