Sadewa: Si Pemberi Peringatan Dini Terhadap Bencana

Karakteristik alam Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa dan dikelilingi oleh lautan dan samudera yang luas akan memberikan potensi fenomena klimatologis yang beragam. Letak Indonesia yang dikelilingi oleh samudera yang luas yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik akan meningkatkan terbentuknya awan hujan yang selanjutnya jatuh di kawasan Indonesia dan menyebabkan banjir. Oleh sebab itulah dalam hal tersebut perlu sebuah pengawas yang mampu melihat bagaimana kondisi atmosfer di atas wilayah Indonesia. Kebutuhan akan pengawas atau pemantau di atas wilayah Indonesia tersebut ditangkap oleh LAPAN sebagai lembaga penerbangan dan antariksa di Indonesia dengan cara membuat satelit yang akan bertugas sebagai pemantau kondisi atmosfer dan klimatologis di Indonesia. Satelit tersebut bernama Sadewa atau Satellite Disaster Early Warning System. Sadewa diluncurkan pada tahun 2005 lalu dengan jenis orbit geostastioner atau mengikuti gerakan rotasi bumi serta berada tepat di atas garis ekuator (lintang 0o) yang mengorbit pada ketinggian 35.800 km di atas khatulistiwa.

Sadewa merupakan sebuah sistem informasi peringatan dini bencana berbasis teknologi satelit dan juga dapat dilengkapi dengan sensor-sensor terestrial. Sadewa berfungsi untuk memberikan peringatan dini kepada pihak-pihak yang terkait dengan penanganan kejadian bencana sebagai bagian dari pengelolaan resiko bencana. Sadewa terdiri dari sub-sistem pemantauan, sub-sistem prakiraan dan sub-sistem peringatan. Sadewa memantau kondisi lingkungan mendekati real-time dari satelit kemudian memprakirakan kemungkinan terjadinya potensi bencana dengan menggunakan model-model komputer, dan menyampaikan informasi peringatan dini bencana melalui monitor display di ruang kontrol, website, e-mail maupun pesan singkat (SMS) melalui telepon seluler (Didi Setiadi, 2015).

Informasi Sadewa dapat diakses oleh siapapun secara online, dengan cara mengunjungi portal Sadewa 3.0 yang beralamat di http://sadewa.sains.lapan.go.id/ (Halaman website sadewa terbaru : https://sadewa.brin.go.id/). Pada portal tersebut akan menampilkan data awan penyebab hujan yang disajikan secara real time sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam memprediksi intensitas hujan di Indonesia. Informasi yang ditampilkan merupakan hasil pemantuan yang dilakukan oleh satelit sadewa terhadap hujan ekstrim yang berpotensi menimbulkan bencana banjir dan tanah longsor. Skema kerja Sadewa dapat dilihat pada Gambar 1 berikut.
Gambar. Alur Kerja Sadewa 3.0
(Sumber: http://sadewa.sains.lapan.go.id)
Berdasarkan skema tersebut di atas maka kurang lebih alur kerja Sadewa hingga mendapatkan data potensi bencana ialah sebagai berikut.
  1. Sadewa akan terus menampilkan data awan yang berpotensi pembawa hujan ekstrim secara real time.
  2. Data tersebut akan dikirimkan ke reciever yang berada di permukaan bumi
  3. Data kemudian dikirim ke server.
  4. Data yang diperoleh dari satelit kemudian dikombinasikan dengan data yang diperoleh dari sensor yang terdapat di permukaan bumi (terestrial).
  5. Data yang diperoleh dari satelit dan sensor yang berada di permukaan bumi selanjutnya ditranmisikan ke jaringan internet sehingga akan diperoleh tampilan data hasil penginderaan jauh (remote display) tersebut.
  6. Data hasil penginderaan jauh kemudian disajikan di portal Sadewa 3.0 secara online dan dapat diakses secara bebas.
Kanal atau saluran (channel) yang digunakan sadewa ialah spektrum Inframerah (Infrared) dengan berbagai panjang gelombang dan spektrum tampak (visible). Berikut sensor – sensor yang digunakan satelit sadewa serta kegunaannya (Tabel 1).

Tabel 1. Kanal yang terdapat di Sadewa dan kegunaannya
(Sumber: http://sadewa.sains.lapan.go.id)

Tampilan data hasil penginderaan jauh Sadewa terhadap awan yang berpotensi menimbulkan hujan ekstrim dapat dilihat dengan cara membuka portal Sadewa 3.0, kemudian tunggu beberapa saat hingga data awan akan muncul. Kenampakan tampilan data dari Sadewa ialah sebagai berikut (Gambar 2).
Gambar 2. Tampilan Pengamatan Satelit MTSAT Kanal Awan Hujan
(Sumber: http://sadewa.sains.lapan.go.id)

Pembacaan mengenai data awan hujan dapat melihat legenda di sebelah kiri dan keterangan mengenai waktu pemantuan Sadewa. Legenda yang berada di sebelah kiri berbentuk persegi panjang dengan pemberian gradasi warna pada setiap level yang berbeda, semakin besar levelnya maka curah hujan akan semakin tinggi. Gradasi warna tersebut menunjukkan intensitas hujan, yakni warna terang menunjukkan curah hujan tinggi, sedangkan warna gelap atau transparan menunjukkan curah hujan rendah atau tidak terjadi hujan. Terdapat banyak data awan hujan yang dapat dipilih pada menu observasi (bagian atas) Sadewa 3.0, berikut akan dirangkum fungsi masing – masing fitur.

Tabel 2. Informasi yang dapat disajikan oleh tiap kanal di Sadewa 3.0
(Sumber: http://sadewa.sains.lapan.go.id)

Data dari penginderaan satelit Sadewa tersebut sangat bermanfaat terutama bagi sistem peringatan dini terhadap banjir dan tanah longsor. Sebagaimana yang diketahui bahwa banjir dan tanah longsor merupakan fenomena yang sering terjadi dan kerap menimbulkan korban jiwa di Indonesia. Mari kita lebih waspada dan berhati - hati serta lebih cerdas memanfaatkan data. Semoga bermanfaat dan kami ucapkan terima kasih.

Referensi:
LAPAN. (2015). Sadewa 3.0. Diambil pada tanggal 19 Juni 2016, dari http://sadewa.sains.lapan.go.id/
Didi Setiadi. (2015). Manual Sadewa. Diambil pada tanggal 19 Juni 2016, dari http://sadewa.sains.lapan.go.id/sadewa30/Sadewa3.0_Help/Manual%20SADEWA.html?WelcometoSADEWA.html

Yoga Prismanata

Saya adalah seorang penggiat di dunia pendidikan. Konsentrasi saya sekarang ialah dalam hal teknologi pendidikan dan pendidikan geografi. Saya sangat suka dalam menciptakan karya, baik berupa tulisan maupun media pembelajaran.

2 Komentar

Kami ucapkan terima kasih telah mengunjungi dan membaca tulisan di website kami. Silahkan sampaikan kritik, saran, dan diskusi melalui kolom komentar.

Lebih baru Lebih lama