30 Mei 2021

Blogger Website Instant (Bagian 4) : Menulis Postingan yang Rapi Sesuai Prinsip SEO

Gambar. Blogger Website Instant
(Sumber : freepik.com)

Halo, rekan-rekan semuanya !! Kembali lagi pada pembahasan Blogger Website Instant. Sesuai dengan yang sudah kami sampaikan pada artikel sebelumnya, Bloger Website Instant sendiri ialah sebuah seri tulisan yang mengupas tentang cara membangun website secara mudah dan cepat, plus satu lagi yaitu murah. Pada Bloger Website Instant bagian ini, kita akan bersama-sama belajar bagaimana cara menulis atau membuat postingan yang rapi dan bagus serta sesuai dengan prinsip-prinsip SEO. Kenapa tulisan di website atau blog kita harus dibuat rapi? Alasan pertama tentu untuk membantu pengguna atau pembaca untuk lebih mudah membaca atau mempelajari konten yang sedang kita sajian sehingga pengguna suka dan nyaman dengan konten kita, kemudian alasan kedua ialah agar search engine Google lebih mudah melakukan perayapan (crawling) sehingga halaman konten kita akan cepat terindeks oleh search engine.

Pada kesempatan ini kita akan fokus membahas tentang cara menyusun struktur tulisan yang rapi di website/blog, bukan kepada cara menulis konten/isi dari tulisan itu sendiri. Kami akui menulis memanglah memiliki seni tersendiri, dan kemampuan menulis akan meningkat seiring waktu dan seiring kita rajin menulis. Namun, pada pembahasan ini kita fokuskan kepada bagaimana membuat struktur yang rapi dan enak dilihat oleh pengguna atau pembaca, terlepas dari konten atau tulisan tersebut enak dibaca atau tidak. Seperti yang dijelaskan tadi, struktur tulisan yang bagus akan mudah dikenali oleh search engine Google. Prinsip ini termasuk On-page Optimization dalam SEO (Baca : SEO (Search Engine Optimization) : Pengenalan, Konsep Dasar, Dan Teknis Penerapannya). Silahkan simak beberapa tips sederhana agar tulisan pada website/blog menjadi lebih rapi dan terstruktur seperti berikut ini :

Penulisan Judul yang Efektif & Click-Baity

Judul adalah satu komponen penting dalam sebuah artikel. Hal tersebut dikarenakan judul merupakan satu hal yang paling awal dibaca oleh user atau pembaca artikel kita. Ada beberapa tips yang dapat kami bagikan agar judul artikel menjadi penarik atau pemicu seseorang untuk membuka artikel dan membacanya, berikut tips dari kami :
  • Judul artikel tidak terlalu panjang, panjang efektif sebuah judul tidak lebih dari 50-60 karakter. Namun, apabila tidak memungkinkan jika hanya ditulis dalam 50-60 karakter, maka boleh hingga kurang lebih 90 karakter.
  • Judul dapat menggambarkan atau berhubungan dengan isi/konten artikel.
  • Judul perlu dibuat menarik perhatian agar user membuka artikel yang akan kita posting.
  • Tempatkan kata yang dijadikan target kata kunci (keyword) dalam judul untuk memaksimalkan SEO.

Penulisan Konten atau Isi Artikel

Konten atau isi merupakan jantung dari artikel yang kita posting. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian bagi kita sebagai seorang penulis di website atau blog. Konten atau isi artikel tersebut perlu disusun secara tepat, baik dari segi penulisan maupun struktur tulisan. Tujuannya agar artikel atau tulisan tersebut nyaman dan enak dibaca oleh user. Terlebih untuk artikel atau konten yang dipublikasikan melalui media digital seperti website atau blog, maka struktur tulisan menjadi faktor penting agar mesin pencari dapat dengan mudah merayapi atau mendeteksi tulisan kita, serta dapat menampilkannya di hasil pencarian google. Dengan begitu, tulisan kita akan semakin banyak yang membaca dan populer. Beberapa tips yang dapat kami bagikan ialah sebagai berikut :
  • Buatlah Sub-Bab atau Sub-Judul Pada Tulisan
Sub-bab atau sub-judul ini berfungsi sebagai pengelompokan atau penggolongan khusus dari sebuah tulisan. Hal tersebut akan mempermudah user atau pembaca dalam menemukan pokok pikiran dalam sebuah artikel, selain itu juga akan mempermudah bagi user atau pembaca yang hanya ingin mencari topik atau bagian tertentu dalam tulisan yang kita susun.
Secara teknis dalam SEO, maka pemberian sub-bab atau sub-judul sangat berperan untuk meningkatkan tingkat pendeteksian oleh mesin pencari terhadap artikel kita di website. Mesin pencari akan dapat mendeteksi sub-bab atau sub-judul sebagai daftar isi, sehingga mesin pencari dapat mengetahui artikel atau tulisan tersebut berisi tentang apa. Oleh sebab itu dalam pengaturan penulisan di Blogger perlu dilakukan hal tersebut untuk menentukan mana teks yang merupakan sub-bab/sub-judul, dan manakah yang merupakan paragraf biasa. Panduannya ialah sebagai berikut :
  1. Pastikan sudah masuk dalam halaman penulisan artikel/postingan.
  2. Temukan teks yang akan dijadikan sub-bab/sub-judul, kemudian blok pada bagian tersebut.
  3. Pilihlah jenis struktur tulisannya yaitu "Subjudul", melalui cara seperti yang terlihat di gambar berikut.


  • Berikan Penomoran (Numbering) pada Tulisan
Pemberian nomor atau numbering pada tulisan atau artikel selain berfungsi untuk menunjukkan bagian-bagian dari sub-bab/sub-judul, secara teknis dalam SEO merupakan bagian dari struktur tulisan yang dapat membuat mudah mesin pencari untuk melakukan pendeteksian terhadap artikel yang kita susun. Pemberian nomor (numbering) pada Blogger, silahkan ikuti panduan berikut ini :  
  1. Temukan bagian teks yang akan diberi penomoran, pastikan setiap baris teks sudah dipisahkan oleh 1 kali enter.
  2. Blok pada bagian tersebut, lalu pilih jenis penomorannya (bullet atau number) dengan cara klik bagian yang diberi tanda panah merah seperti pada gambar berikut.

  • Buatlah Tulisan Rata Kiri-Kanan (Justify)
Sebagaimana kita menulis di Microsoft Word yang dapat mengatur perataan (alignment) pada tulisan yang kita susun, maka dalam menyusun artikel atau postingan dalam website juga memiliki kemampuan serupa. Kita dapat mengatur perataan pada tulisan yang kita susun di website atau blog. Tulisan pada website atau blog sangat disarankan menggunakan peraatan kiri-kanan atau justify. Perataan tipe ini lebih bertujuan untuk estetika sebuah tulisan agar terlihat rapi dan baik, sehingga nyaman ketika dibaca. Akan tetapi yang perlu dijadikan perhatian ialah apabila ada suatu bagian yang dirasa ingin dibuat jenis perataan yang lain maka tetap diperbolehkan. Silahkan disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan. Cara melakukan perataan pada Blogger ialah sebagai berikut :
  1. Temukan bagian teks yang ingin diatur jenis peraatannya, kemudian blok pada bagian tersebut.
  2. Klik bagian yang diberi tanda panah merah, lalu pilih pilih jenis perataan justify yakni "Ratakan" sebagaimana yang terlihat pada gambar berikut.

  • Sertakan Link Artikel Lain yang Berkaitan
Artikel yang berkaitan yang dimaksud ialah artikel yang mungkin menjadi prasyarat sebelum seorang user membaca artikel yang sedang atau akan ia baca agar bisa memahaminya, atau merupakan artikel yang memiliki hubungan saja tanpa menjadi prasyarat agar memahaminya, atau bahkan hanya artikel rekomendasi dari penulis yang dapat user baca selain artikel yang pada saat tersebut ia baca. Secara teknis dalam SEO, link artikel dalam tulisan merupakan bagian dari Off-Page Optimization yang berfungsi agar user tidak segera keluar dari website atau blog kita dan tetap membuka halaman website kita melalui link artikel lain dalam website kita tersebut ke dalam tulisan. Cara pencantuman link artikel lain yang berkaitan tersebut pada Blogger ialah sebagai berikut :
1. Tulislah teks yang akan dibuat sebagai link, jika sudah maka blok teks bagian tersebut. Kemudian klik tombol atau logo yang ditunjukkan menggunakan tanda panah merah.

2. Masukkan link atau tautan URL artikel yang berkaitan tersebut. Jika ingin halaman artikel tersebut terbuka di tab baru browser maka centang pada "Buka link ini di jendela baru".

  • Penempatan Gambar yang Tepat
Gambar merupakan elemen pendukung dan sekaligus elemen yang paling sering digunakan dalam sebuah artikel di website atau blog. Mengenai penempatan atau tata letak gambar dalam sebuah artikel atau postingan di website, setiap penulis memiliki selera masing-masing. Hal tersebut sangat lumrah, dikarenakan bentuk ekspresi penulis untuk memvisualkan suatu penjelasan yang tidak cukup dijelaskan melalui tulisan. Terkhusus penyusunan tulisan dalam Blogger, maka kami memberikan tips agar gambar diletakkan diantara dua paragraf, atau usahakan tidak berada diantara tulisan (biasanya kasus seperti ini akibat tulisan yang copy & paste langsung dari Microsoft Word, sehingga tata letak gambarnya sulit diatur). Selanjutnya, mengenai ukuran gambarnya dengan melihat tren saat ini maka ukuran gambar atur pada ukuran "Sangat Besar". Cara pengaturannya ialah sebagai berikut :
  1. Pilih/klik gambar yang dimaksud.
  2. Kemudian klik tanda panah merah, sebagaimana yang ditunjukkan pada gambar berikut.

  • Hindari Copy & Paste Tulisan dari Microsoft Word
Kesalahan yang dilakukan sebagian besar penulis ialah menulis artikelnya pada sebuah aplikasi seperti Microsoft Word, kemudian setelah selesai baru menyalinnya atau copy & paste ke kolom postingan artikel di website atau blog. Jika hal tersebut dilakukan maka akan beresiko merusak format penulisannya, sebab kemungkinan besar antara aplikasi seperti Microsoft Word dan kolom penulisan di website/blog memiliki format yang berbeda. Alhasil, tulisan akan terlihat tidak rapi dan tidak konsisten. Kami rekomendasikan untuk langsung menulis di kolom penulisan postingan di website atau blog. Semisal ingin copy & paste tulisan dari Microsoft Word, maka solusinya ialah sebagai berikut :
  1. Copy tulisan yang ada di Microsoft Word.
  2. Klik kanan pada kolom penulisan di website/blog, kemudian pilih "paste as plain text" atau langsung tekan CTRL+SHIFT+V.

Pengaturan Artikel/Postingan

Gambar. Setelan Entri Blogger
  • Sertakan Label Postingan
Pada setelan entri Blogger yang terletak di sebelah kanan kolom penulisan postingan, silahkan tulis label tulisan/artikel yang akan dipublikasikan. Jika sebelumnya sudah pernah memakai label tersebut di artikel sebelumnya, maka tinggal dipilih saja label yang sesuai dengan artikel yang baru tersebut. Label artikel atau postingan pada website atau blog sangat berguna bagi user untuk mencari artikel di website kita berdasarkan kategori label yang telah kita buat.

  • Ubah URL Postingan (Opsional)
URL postingan pada Blogger akan di-generate atau dibuat secara otomatis berdasarkan judul yang kita inputkan pada kolom judul. Jika menggunakan URL postingan yang dibuat secara otomatis tersebut, maka judul postingan akan terlihat terlalu panjang sehingga secara teknis SEO hal tersebut tidak efektif. Oleh sebab itu lakukan hal-hal berikut ini :
  1. Klik "Permalink" pada setelah entri.
  2. Pilih "Permalink Khusus", kemudian tuliskan URL yang diinginkan. Setiap kata pada URL pisahkan menggunakan dash (-), gunakan kata yang menjadi target keyword, dan gunakan maksimal 3-5 kata saja. Contoh : menulis-postingan-rapi-sesuai-seo, dsb.

  • Cantumkan Deskripsi Penelusuran (Opsional)
Deskripsi merupakan penjabaran yang lebih rinci dari judul yang sudah dibuat. Pada sebuah website kita bisa menuliskan meta description untuk memudahkan mesin pencari untuk mendeteksi artikel yang sudah kita publikasikan. Deskripsi penelurusan ini sering kali dilewatkan oleh seorang penulis, padahal fungsinya cukup penting untuk proses pengindeksan artikel kita ke halaman pencarian. Untuk menulis deksripsi penelusuran, caranya ialah sebagai berikut :
  1. Klik "Deskripsi Penelusuran" pada setelan entri.
  2. Tulis deskripsi dari artikel yang diinginkan maksimal 150 karakter, pastikan deskripsi tersebut mengandung keyword yang ditargetkan.
Jika menu "Deskripsi Penelusuran" belum muncul pada setelan entri, maka terlebih dahulu aktifkan melalui halaman Setelan di Blogger, kemudian cari Tag Meta. Klik pada "Aktifkan deskripsi penelusuran", seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

Baiklah rekan-rekan !! demikianlah artikel kami mengenai bagaimana cara menulis dan menyusun postingan atau artikel yang rapi serta sesuai dengan prinsip-prinsip pada SEO (Search Engine Optimization). Semoga bermanfaat, nantikan artikel kami selanjutnya. Terima kasih.

Baca Juga :
Terbaru
Selanjutnya

Saya adalah seorang penggiat di dunia pendidikan. Konsentrasi saya sekarang ialah dalam hal teknologi pendidikan dan pendidikan geografi. Saya sangat suka dalam menciptakan karya, baik berupa tulisan maupun media pembelajaran.

0 komentar:

Kami ucapkan terima kasih telah mengunjungi dan membaca tulisan di website kami. Silahkan sampaikan kritik, saran, dan diskusi melalui kolom komentar.